Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

PERTEMUAN I 


1. Sudah jelas dan bisa dipahami
 
2. Suatu teknologi, informasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan
    saat ini. Bagaimana tidak, sekarang hampir semuanya menggunakan teknologi. Mulai dari memesan
    makanan, jasa pengiriman barang dan lain lain.

3. Peran teknologi informasi dalam bidang militer/pertahanan :
  • Adanya Cyber Army yang bertugas untuk menjaga data-data penting negara
  • Meningkatkan akurasi teknologi senjata
  • Proses membina personel militer yang lebih baik

4. Karena di zaman industri 4.0, ilmu teknologi merupakan suatu hal pokok yang harus dikuasai oleh
    semua orang. Seseorang bisa dikatakan maju dalam hal berfikir jika orang tersebut paham dalam hal
    teknologi. Teknologi memberikan kemudahan buat manusia dengan cara mempermudah pekerjaan
    tanpa harus menguras waktu, biaya, dan lain lain.


5. Aspek komputerisasi memiliki 2 jenis :
  • Aspek Teknis, yang meliputi : Hardware, Software, dan Brainware
  • Aspek Non Teknis, yang meliputi : Dukungan Manajemen dan Disiplin Baru    
    Klasifikasi komputer memiliki 3 macam
  • Berdasarkan Tujuan Pemakaian, yang meliputi : Special Purpose Computer dan General Purpose Computer
  • Berdasarkan Data yang Diolah, yang meliputi : Analog Computer, Digital Computer dan Hybrid Computer 
  • Berdasarkan Ukuran dan Kemampuan, yang meliputi : Super Computer, Large Computer, Medium Computer, Small Computer, Mini Computer dan Micro Computer
    Generasi Komputer dibagi menjadi 5 :
    1.  Generasi Pertama (1946-1959)
        Electornic Nemrical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu komputer generasi
        pertama yang diciptakan oleh J. Presper Eckert dan John Maucly yang menggunakan 18000
        tabung vakum di Universitas Pennsylvania.
    2. Generasi Kedua (1959-1965)
        Di generasi ini, tabung vakum digantikan oleh transistor. penggantian komponen ini dilakukan
        karena transistor dianggap lebih efisien. Teknologi ini pertama kali digunakan pada super 
        komputer. International Business Machines Corporation (IBM) membuat super komputer bernama
        Sprey Rand dan Strecth.
    3. Generasi Ketiga (1965-1970)
        Generasi ini komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (IC). Meskipun IC sebagai 
        komponen dasar utama, namun transistor masih tetap digunakan dan ukurannya diperkecil.
    4. Generasi Keempat (1970-2000an)
        Menggunakan komponen dasar Microprosesor, seperti komputer yang masih ada sampai
        sekarang. Perusahaan Intel merupakan perusahaan yang berpengaruh dalam berkembangnya IC.
        Intel mampu menciptakan Intel 4004 yang menjadi asal mula perkembangan komputer dengan
        meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer dalam sebuah chip. Sekitar tahun 1984,
        Apple memperkenalkan Machintos pertama kali sebagai sebuah sistem operasi yang dapat
        dijalankan dari perangkat komputer.
    5. Generasi Kelima (2000an - Sekarang)
        Meski dalam proses pembuatan, kini beberapa komputer telah dapat menjalankan salah satu fungsi
        tersebut seperti mampu menerima intruksi secara lisan yang kita kenal dengan Siri untuk sistem
        operasi IOS dan Google Voice untuk android. Kemajuan rekayasa yang utama adalah kemampuan
        pemrosesan paralel yang akan menggantikan model Non Neumman. Kemajuan lainnya adalah tek-
        nologi Super Komputer yang mampu membuat aliran listrik tanpa adanya hambatan.



PERTEMUAN II

1. Review Video instruksional

      Tujuan akhir dari komunikasi sebenarnya adalah bagaimana caranya membuat orang lain melakukan hal yang kita inginkan. Jadi, komunikasi adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu.

Komunikasi tidak harus melalui verbal (kata – kata), komunikasi juga bias dilakukan hanya dengan gerakan (gestur) dan lain sebagainya.

Pada awalnya kalo dilihat dari sejarah manusia, cara berkomunikasi yang paling efektif adalah bertatap muka. Sebagai contohnya waktu kita ikut kegiatan pramuka bagaimana kita diajarkan memakai bendera semaphore. Lama – lama orang menemukan “Telegram”

Telegram adalah kawat yang dibentangkan panjang, terus kita sepakat dengan kode, dan itulah orang mulai berkomunikasi jarak jauh. Maka muncul istilah telekomunikasi“Tele” artinya jauh, “Komunikasi” artinya melakukan interaksi pertukaran informasi.

Lama – lama orang bisa membuat telepon. Dahulu, orang kalau mau telepon dari satu tempat ke tempat yang lain dari jarak jauh ada operator yang menyambung – nyambung siapa yang mau ngomong dengan siapa. Kalau kita lihat sekarang udah jauh lebih berkembang lagi. Dengan hanya satu handphone kecil, anda bisa berkomunikasi ramai – ramai dengan berbagai aplikasi yang ada. Bahkan komunikasi tanpa bertemu-pun bisa lewat “SMS”, lewat “Video Teleconferense” bisa terjadi. Nah, perkembangan itu semua adalah perkembangan evolusi komunikasi dari yang sangat mendasar sampai yang sangat canggih.

Percaya atau tidak, ada salah satu Universitas sedang mempelajari bagaimana caranya kita bisa berkomunikasi dengan cara “Telepati”. Kalau semua bisa bertelepati, bubar semua perusahaan telekomunikasi. Karena kita ga perlu telepon lagi kita cukup diam aja, kita bisa ngomong sama orang.

Kita boleh ketawa mendengarnya, tapi hal tersebut sedang diteliti. 20 tahun yang lalu orang mentertawakan ketika kita mengatakan sebentar lagi orang bisa bawa handphone kemana – mana. Waktu itu handphone yang paling kecil adalah “Telepon Mobil” yang besar baterainya masih satu ransel. Orang ketawa ketika dibilang nanti handphone bisa dikantongin. Tapi apa yang terjadi sekarang, semua orang bisa mengantongi handphone.

Komunikasi itu bukan alat, tapi alat untuk mencapai suatu tujuan tersebut. Tujuan akhir dari komunikasi sebenarnya adalah bagaimana caranya membuat orang lain melakukan hal yang kita inginkan. Jadi, komunikasi adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu.

Komunikasi tidak harus melalui verbal (kata – kata), komunikasi juga bias dilakukan hanya dengan gerakan (gestur) dan lain sebagainya.

Pada awalnya kalo dilihat dari sejarah manusia, cara berkomunikasi yang paling efektif adalah bertatap muka. Sebagai contohnya waktu kita ikut kegiatan pramuka bagaimana kita diajarkan memakai bendera semaphore. Lama – lama orang menemukan “Telegram”

Telegram adalah kawat yang dibentangkan panjang, terus kita sepakat dengan kode, dan itulah orang mulai berkomunikasi jarak jauh. Maka muncul istilah telekomunikasi“Tele” artinya jauh, “Komunikasi” artinya melakukan interaksi pertukaran informasi.

Lama – lama orang bisa membuat telepon. Dahulu, orang kalau mau telepon dari satu tempat ke tempat yang lain dari jarak jauh ada operator yang menyambung – nyambung siapa yang mau ngomong dengan siapa. Kalau kita lihat sekarang udah jauh lebih berkembang lagi. Dengan hanya satu handphone kecil, anda bisa berkomunikasi ramai – ramai dengan berbagai aplikasi yang ada. Bahkan komunikasi tanpa bertemu-pun bisa lewat “SMS”, lewat “Video Teleconferense” bisa terjadi. Nah, perkembangan itu semua adalah perkembangan evolusi komunikasi dari yang sangat mendasar sampai yang sangat canggih.

Percaya atau tidak, ada salah satu Universitas sedang mempelajari bagaimana caranya kita bisa berkomunikasi dengan cara “Telepati”. Kalau semua bisa bertelepati, bubar semua perusahaan telekomunikasi. Karena kita ga perlu telepon lagi kita cukup diam aja, kita bisa ngomong sama orang.

Kita boleh ketawa mendengarnya, tapi hal tersebut sedang diteliti. 20 tahun yang lalu orang mentertawakan ketika kita mengatakan sebentar lagi orang bisa bawa handphone kemana – mana. Waktu itu handphone yang paling kecil adalah “Telepon Mobil” yang besar baterainya masih satu ransel. Orang ketawa ketika dibilang nanti handphone bisa dikantongin. Tapi apa yang terjadi sekarang, semua orang bisa mengantongi handphone.

2. Resume Materi

KONSEP DASAR KOMUNIKASI

DAN 

TEKNOLOGI KOMUNIKASI

 

·        Pengertian Komunikasi

Menurut Cherry dalam buku Prof. Dr. H. Hafied Cangaa,M.Sc. Istilah Komunikasi berpangkal pada perkataan latin Communis” yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari akar kata alam bahasa latin ”Communico” yang artinya berbagi.

 

·        Pengertian Teknologi Komunikasi

Adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai – nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu – individu lainnya.

Telekomunikasi berasal dari kata Tele = jauh  dan Komunikasi = hubunganJadi, Telekomunikasi berarti hubungan melalui jarak jauh.

Schramm menyampaikan pengertian komunikasi ke dalam tiga hal pokok sebagai berikut :

a.   Penyandi (Encode) yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk kode atau sandi, seperti : tulisan, bahasa lisan, verbal simbol dan visual simbol.

b.   Sinyal (Sign) yaitu berupa pesan, berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat diluiskan dalam bentuk gerak tangan, mimik wajah, kata – kata lisan, tulisan, foto, diagram, tabel, dan lainnya.

c.     Decoder yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimengerti makna dari pesan yang disampaikan.

 

Komunikasi sebagai suatu proses yang dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu proses primer dan proses sekunderProses primer adalah proses komunikasi langsung tanpa adanya media yang dapat memanipulasi dan melipatgandakan jumlah penerima pesan. Dalam proses komunikasi ini, biasanya berbentuk bahasa, gerakan – gerakan yang memiliki makna khusus, dan aba – aba. Proses sekunder berlangsung dengan bantuan mekanisme yang dapat melipatgandakan jumlah penerima pesan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai macam hambatan fisik/kebendaan/jasadiah yang akan menghalangi proses komunikasi primer. Seperti mengatasi hambatan geografis proses komunikasi ini dapat melalui telepon, HP, radio, dan satelit.

 

·        Penerapan Teknologi Informasi

1.     Proses Penerapan Teknologi Komunikasi

Merujuk pada model inovasi dalam buku “Communication Technology”, The New Media in Society diperkenalkan oleh Everett M Rogers.

Terdapat 2 tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi :

A. Tahapan Inisiasiusaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami dengan seksama dan merencanakannya untuk mengadopsinya.

Terdapat 2 tingkatan :

1.       Tingkatan Agenda-Setting, yaitu munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi demi menyelesaikan permasalahan informasi yang muncul

2.       Tingkatan Matching, yaitu kecocokan teknologi komunikasi yang diperlukan dan kemampuan untuk mengadopsinya.

       Apabila nilai kedua  tingkat inisiasi ini positif, timbullah keinginan untuk mengadopsi teknologi komunikasi yang diinginkan.

B. Tahapan Implementasiseluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang diinginkan.

Terdapat 3 tingkatan :

1. Tingkatan Redefining, mengatur, menyusun, dan memodifikasi struktur organisasi (bagi sebuah lembaga) atau mental serba kebiaasan (bagi individu) untuk keperluan teknologi komunikasi yang diinginkan.

2.   Tingkatan Clarifying, meyakinkan pada semua anggota (bagi sebuah lembaga) atau diri sendiri (bagi individu) tentang sejarah teknologi komunikasi, sehingga tidak lagi menjadi sesuatu yang asing.

3.   Tingkatan Routinizing, teknologi komunikasi  sudah dapat diketahui secara jelas dan menjadi bagian dari infrastruktur (pondasi/tata letak) sebuah organisasi (bagi lembaga) atau sebagai pelengkap bagi kehidupan individu.

 

 

2.     Perspektif tentang Penerapan Teknologi Komunikasi

Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi memandang penerapan teknologi sebagai :

1.       Manajemen system, merupakan upaya/usaha untuk mengoptimalkan hasil dari  suatu system organisasi, perubahan yang dianggap sebagai suatu proses yang turun dari atas ke atas.

2.      Proses birokrasi¸merupakan usaha untuk mengubah kebijakan suatu lembaga, berdasarkan persepsi (opini/pendapat) manajemen puncak. Dan perubahan ditentukan pembuat dan pengambil keputusan.

3.        Pengembalian organisasi, merupakan usaha untuk memenuhi keinginan/harapan individu dan komunitas yang muncul/timbul akibat adanya dorongan untuk meningkatkan partisipasinya.

4.        Proses tawar menawar, merupakan hasil proses tawar menawar yang pada akhirnya akan menghasilkan jalan keluar yang kompromi.

               

                                Perspektif tentang teknologi komunikasi adalah :

Ø  Teknosentrik, terciptanya suatu perubahan dan dianggap sebagai faktor yang dominan yang fokus terhadap kapasitas dan tersedianya teknologi.

Ø Sosiosentrik, fokus pada situasi sosial yang terdapat pada sebuah lembaga/organisasi. Contoh : isu – isu sosial,  dan perubahan sosial.

Ø  Konflik, tertuju pada proses pengambilan keputusan . missal : untuk menyelesaikan suatu konflik dibutuhkan penyelesaian dengan cara politik.

Ø  Desain sistem¸ tertuju mulai dari teknologi, sosial, budaya dan politik, yang dikenal dengan sebutan ”Siklus Kehidupan Sistem”. 

3. Pelaku Teknik Komunikasi

§  Pemakai

Membutuhkan penyaluran dan penyampaian informasi yang membutuhkannya. Semakin lama semakin meningkat dalam jenis serta volumenya

§  Perusahaan Penyedia Jasa Telekomunikasi

Dengan kualitas dan harga yang pantas dan bertanggungjawab dalam penyampaian yang efisien, cepat dan relatif murah. Contoh : Warung Telekomunikasi (Wartel)

§  Produsen Peralatan Komunikasi

Perusahaan yang menghasilkan peralatan komunikasi dengan kualitas yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat dan bervariasi.

§  Badan yang Mengatur

Mengeluarkan peraturan dan persyaratan yang standar pelaksanaannya berdasarkan pengalaman, tingkat teknologi yang ada, perkiraan perkembangan teknologi yang divapai oleh industry, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi dengan ongkos yang murah.

 

·        Pengertian Informasi

Adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan tercapainya sesuai dengan kebutuhan.

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan :

1. Informasi merupakan hasil pengelolaan data

2. Memberikan makna

3. Berguna atau bermanfaat

 

Ciri – ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) ada 4 :

1. Akurat, artinya informasi tersebut mencerminkan keadaan sebenarnya

2. Tepat waktu, artinya informasi harus tersedia atau ada saat diperlukan

3. Relevan, artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan

4. Lengkap, artinya informasi harus diberikan secara utuh tidak setengah – setengah

 

Jenis – jenis informasi meliputi :

v  Absolute Information

Yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan yang lebih lanjut.

v  Substitutional Information

Yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi.

v  Philosophic Information

Yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan konsep – konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.

v  Subjective Information

Yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia.

v  Objective Information

Yaitu jenis informasi yang merujuk pada karakter logis informasi tersebut.

v  Cultural Information

Yaitu informasi yang memberikan tekanan pada dimensi kultural.

 

·        Komponen - Komponen informasi

Berdasarkan analisis pendekatan system informasi :

v  Root of Information

Yaitu komponen inti dari informasi yang berada pada tahap keluaran pertama sebuah proses pengolahan data yang biasanya disampaikan oleh orang pertama.

v  Bar of Information

Yaitu badan atau batangnya informasi yang disajikan dan memerlukan informasi pendukung, agar informasi pertama atau inti dapat dipahami secara utuh.

v  Branch of Information

Yaitu informasi yang dapat dipahami apabila informasi sebelumnya telah dipahami.

v  Stick of Information

Yaitu komponen informasi yang sederhana dari cabang informasi.

v  Bud of Information

Yaitu komponen yang sifatnya semi makro, namun keberadaannya sangat dibutuhkan, sehingga diwaktu yang akan datang informasi ini akan berkembang dan dicari orang.

v  Leaf of Information

Yaitu merupakan informasi pelindung untuk menjelaskan kondisi dan situasi ketika informasi itu muncul ke permukaan, seperti informasi tentang perkiraan cuaca dan lain – lain.

·        Unsur – unsur Teknologi Informasi

Ada 3, yaitu :

Ø  Informasi

Dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar, dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk – bentuk yang berbeda.

Ø  Alat yang digunakan untuk meneruskan informasi

Ø  Dengan media transmisi dan system modulasi

 

    Catatan :

Ø  Dengan cara telekomunikasi melalui media pembawa (trasmisi)

Contoh : Kabel koaksial (sejenis kabel utama terbuat dari tembaga yang dikelilingi oleh anyaman halus tembaga lain dan diantara kedua sisinya terdapat isolasi.

Ø  Dengan cara yang sesuai

Bentuk akhir (informasi yang diterima) harus seserupa mungkin dengan bentuk awal (informasi yang dikirimkan) dan dalam batas – batas distorsi yang dapat ditolelir.

Ø  Dalam jumlah maupun kecepatan yang semakin meningkat

Artinya : lebar benda yang diperlukan semakin besar dengan sistem modulasi yang baik dan berteknologi tinggi.

Ø  Melalui jarak yang semakin jauh

v  Lokal                       -------------> 10 km

v  Interlokal               -------------> 250 km

v  Internasional         ------------> 2500 km

v  Interkontinental    ------------> 25000 km

Ø  Dengan biaya yang seekonomis mungkin

Ø  Persoalan biaya sangat mempengaruhi kegunaan suatu sistem

Sehingga harus dicari titik optimal diantara cara maupun peralatan yang paling sederhana dan murah tapi dapat memaksimalkan meneruskan informasi dengan cara yang baik dan dengan cara yang mudah.




PERTEMUAN III


1. Sejarah Revolusi Industri dari Awal hingga Saat Ini
        

1) Revolusi Industri 1.0

        Terjadi pada abad ke 18, yang ditandai dengan penemuan mesin uap yang kemudian digunakan untuk melakuak berbagai macam proses produksi barang. Di Negara Inggris, Steam Machine (mesin uap) digunakan sebagai sebuah alat tenun mekanis pertama yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas berbagai macam industri tekstil.

        Mesin uap juga digunakan untuk alat transportasi. Transportasi internasional pada zaman ini adalah transportasi laut yang masih menggunakan tenaga angin. Namun, angina tidak sepenuhnya diandalkan karena bisa jadi angin bertiup dari arah yang berlawanan atau bahkan tidak ada angina sama sekali. Sehingga ketika ditemukannya mesin uap ini, penggunaan tenaga angin pada alat transportasi pun mulai berkurang semenjak James Watt menemukan mesin uap sebelumnya pada tahun 1776.

        Pada masa ini, bangsa Eropa untuk mengirim berbagai kapal perang keseluruh dunia dalam waktu yang jauh lebih singkat. Negara Negara Imperalis Eropa mulai melakukan penjajahan ke kerajaan – kerajaan di Afrika dan Asia. Selain penjajahan, terdapat dampak lain, yaitu pencemaran lingkungan akibat asap mesin uap dan limbah – limbah pabrik lainnya. Salah satu dampak yang paling signifikat adalah berhasil mengerek naik perekonomian secara dramatis dimana selama 2 abad setelah Revolusi terjadi peningkatan rata – rata pendapatan perkapita Negara – Negara di dunia menjadi 6x lipat.

2) Revolusi Industri 2.0

Revolusi Industri 2.0 (Sumber : tradaru.info)

       Dikenal sebagai Revolusi Teknologi adalah sebuah fase pesatnya industrialisasi di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Revolusi Industri 1.0 yang berakhir pertengahan tahun 1800-an, diselingi oleh perlambatan dalam penemuan makro sebelum Revolusi Industri 2.0 muncul tahun 1870. Meskipun sejumlah karakteristik kejadiannya dapat ditelusuri melalui inovasi sebelumnya di bidang manufaktur, seperti pembuatan alat mesin industri, pengembangan metode untuk pembuatan bagian suku cadang, dan penemuan Proses Bessemer untuk menghasilkan baja, Revolusi Industri 2.0 umumnya dimulai tahun 1870 hingga 1914, awal Perang Dunia I.

        Revolusi industri generasi 2.0 ditandai dengan kemunculan pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran dalam (combustionchamber). Penemuan ini memicu kemunculan pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll yang mengubah wajah dunia secara signifikan.

3) Revolusi Industri 3.0

        Proses revolusi industri ini kalau dikaji dari cara pandang Sosiolog Inggris David Harvey sebagai proses pemampatan ruang dan waktu. Ruang dan waktu seamkin terkompresi. Dan, ini memuncak pada revolusi tahap 3.0, yakni revolusi digital. Waktu dan ruang tidak lagi berjarak. Revolusi kedua dengan hadirnya mobil membuat waktu dan jarak makin dekat. Revolusi 3.0 menyatukan keduanya. Sebab itu, era digital sekarang mengusung sisi kekinian (real time). Selain mengusung kekinian, revolusi industri 3.0 mengubah pola relasi dan komunikasi masyarakat kontemporer. Praktik bisnis pun mau tidak mau harus berubah agar tidak tertelan zaman. Namun, revolusi industri ketiga juga memiliki sisi yang layak diwaspadai.

        Teknologi membuat pabrik-pabrik dan mesin industri lebih memilih mesin ketimbang manusia. Apalagi mesin canggih memiliki kemampuan berproduksi lebih berlipat. Konsekuensinya, pengurangan tenaga kerja manusia tidak terelakkan. Selain itu, reproduksi pun mempunyai kekuatan luar biasa. Hanya dalam hitungan jam, banyak produk dihasilkan. Jauh sekali bila dilakukan oleh tenaga manusia
.

4) Revolusi Industri 4.0

      Manusia telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi (disruptivetechnology) hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent. Sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa. Lebih dari itu, pada era industri generasi 4.0 ini, ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan, namun kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Hal ini ditunjukkan oleh Uber yang mengancam pemain-pemain besar pada industri transportasi di seluruh dunia atau Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama di industri jasa pariwisata. Ini membuktikan bahwa yang cepat dapat memangsa yang lambat dan bukan yang besar memangsa yang kecil.


2. Kelebihan Kecerdasan Manusia dibandingkan Kecerdasan Buatan

    Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan menjadi khalifah di bumi. Manusia merupakan makhluk yang sempurna dibandingkan makhluk hidup lain karena manusia diciptakan dengan akal pikiran. Manusia juga bisa membuat robot yang notabennya merupakan ciptaan manusia dengan kecerdasan buatan yang dibuat dari kecerdasan alami manusia.


3. Kelebihan AI dibandingkan Kecerdasan Manusia

  • Bersifat permanen
  • Menawarkan kemudahan untuk disebarkan
  • Dapat lebih murah dibandingkan kecerdasan alami
  • Bersifat konsisten dan teliti
  • Dapat didokumentasi    

4. Dampak Positif dan Negatif Era Industri 4.0

Dampak Positif

  • Semakin mudah mengakses informasi

         Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.


  • Terjadinya efisiensi dan efektivitas produksi
            Jika terwujud 4 prinsip revolusi industri, maka industrimemiliki kemungkinan untuk efisiensi dan efektifitas produksidengan biaya yang tidak lagi mahal. Sehingga ada sisa biaya yang dapat dialokasikan ke kebutuhan lain yang tidak melibatkan banyak unsur teknologi.

  • Peningkatan pendapatan nasional
            Industrialisasi memungkinkan negara-negara mengoptimalkan sumber daya mereka yang mulai berkurang. Industrialisasi meningkatkan kuantitas dan kualitas akan barang-barang yang diproduksi suatu perusahaan.

  • Standar hidup yang tinggi
            Dalam masyarakat industri, tenaga kerja lebih berharga. Apabila produktivitas lebih tinggi maka pendapatan individu meningkat.

  • Stabilisasi ekonomi
            Negara yang bergantung pada produksi dan ekspor bahan mentah saja tidak dapat mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang cepat. Permintaan yang terbatas dan fluktuatif akan produkpertanian dan bahan mentah didukung ketidakpastian alam akan menghambat kemajuan ekonomi.


        Dampak Negatif

  • Rentan terhadap serangan siber

            Revolusi industri 4.0 akan sangat lekat dengan dunia teknologi dimana salah satu hal yang bisa dilihat mulai banyak ditemukan saat ini adalah Internet of things (IoT). Produk-produk IoT menghilangkan batas fisik antara proses produksi dengan sistem jaringan oleh karena itu sangat rentan dengan serangan siber apabila tidak dijaga dengan sistem keamanan yang solid dan tangguh. Salah satu produk IoT adalah aplikasi absensi karyawan dimana bisa langsung terhubung ke manajemen HRD melalui internet namun dengan sistem keamanan yang lebih baik sehingga data aset anda bisa lebih aman.


  • Investasi SDM yang mahal

            Perusahaan yang ingin menggunakan sistem otomatisasi dan juga teknologi tinggi tentunya harus memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk bisa menggunakan sarana canggih tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus rela mengeluarkan dana untuk investasi dalam memberikan pelatihan keterampilan dan juga sertifikasi pada karyawan yang sudah dimiliki atau siap memberikan gaji yang layak dan lebih tinggi.


  • Manusia jadi malas

            Media informasi memiliki kualitas atraktif yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunaannya. Terlalu atraktifnya, membuat masyarakat seakan-akan menemukan dunianya sendiri yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya.


  • Urbanisasi

        Akibat industrialisasi, orang-orang dari pedesaan akan migrasi kekota karena mencari pekerjaan di pabrik. Urbanisasi adalah perpindahan masyarakat dari desa ke kota. Akibatnya, populasi penduduk di kota meningkat.


5. Pendapat Video di Forum

  • Menambah pengetahuan di dunia revolusi industri
  • Mendorong kreativitas untuk membuat sesuatu hal baru

PERTEMUAN X

PERANGKAT LUNAK TIK TERKINI

 

    Dari perkembangan perangkat lunak, kita bisa membayangkan bagaimana perkembangan interaksi manusia dengan perangkat lunak. Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan Aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar /on) atau 0 (salah/off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit).

            Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai Assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Saat ini pembuatan perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dengan urutan proses yang panjang dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang dalam pembuatannya.


1. JENIS PERANGKAT LUNAK

 1. Sistem Operasi

2. Perangkat Lunak Bahasa

3. Program Aplikasi

Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN

C++

2. Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System

Apple System


3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk(partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility.


Norton Utility


A. SISTEM OPERASI

    Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara mendasar seperti :

· Mengatur Media Input

· Proses

· Output

· Mengatur Memory

· Penjadwalan Proses

    PC DOS

    MS DOS

    MICROSOFT WINDOWS

    LINUX

    UNIX

    MACINTOSH

    FREE BSD


Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang digunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC. Sistem operasi dari cloning IBM saat ini secara umum terbagi menjadi 2 aliran yaitu komersil yang di buat oleh Microsoft dan yang bersifat freeware yang di kembangkan oleh peneliti dari seluruh dunia karena bersifat open source, yaitu bahan baku pembuatan dapat di baca, sehingga hasilnya dapat di tambah atau di modifikasi oleh setiap orang.

Sementara interaksi antara pengguna dan komputer di kenal melalui 2 cara, cara yang pertama adalah pemberian instruksi melalui penulisan perintah atau dengan cara tunjuk (pointer) dengan tampilan grafis.


B. PERANGKAT LUNAK BAHASA

         Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.


1) MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA

A. Bahasa Tingkat Rendah

Merupakan Bahasa yang digunakan oleh komputer itu sendiri

· ASSEMBLY LANGUAGE

· RPG ( Repeat Program General )

 

B. Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa dalam komputer yang menggunakan singkatan dan sudah mendekati bahasa sehari – hari :

· Program Fortran (Formula Transator)

            C. Bahasa Tingkat Tinggi

Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari :

· Basic

· Cobol

· Pascal

C. Program Aplikasi (Aplication Program)

Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan

tertentu :

 1) Word Processing (Pengolah Kata)

2) Program database

3) Program Spreadsheet

4) Program CAD ( Computer Aided Design)

5) Program Layout Artikel (Publisher)

6) Aplikasi multimedia


A. Word Processing

Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text :

· Wordstar Profesional

· Word Perfect

· Chiwriter

· Microsoft Word

· Word Star

Gambar Wordperfect


B. Program Database

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE :

· Ms.Acces

· SQL Server

· MySql

· Oracle

Gambar Ms. Acces

 

C. Program SpreadSheet

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis :

· Lotus 123

· Ms.Excel

· Quatro

· Supercheck

Gambar Lotus 123

D. Program CAD (Computer Aided Design)

Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis) :

· Auto Cad

· Pro Design

· Corel Draw

· Adobe Photoshop

Gambar Adobe Photoshop


E. Program Layout Artikel

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik :

· Page Maker

· Ventura

· Harvard Publisher

· Newmaster


Gambar Page Maker


F. Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film.

Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang digunakan. Aplikasi Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang digunakan untuk membuat, yang hanya digunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

Format-format digital multimedia di antaranya:

1. MIDI (Musical Instrument) Digital Interface) , format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer(penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.

2. MP3, format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).

3. MPEG (Moving Picture Expert Group), merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia.

4. AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah - pindahkan diaplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint.

5. Quicktime, sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun

6. Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer.


D. FUNGSI PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

        Merupakan program yang berisi intruksi atau perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan kegiatan seperti menghitung, menggambar, dan menghasilkan suara. Sehingga ada komunikasi antara komputer dengan pemakai.


0 komentar:

Posting Komentar